Berbagai Jenis Sistem Filter Kolam

Cara Membersihkan Kolam Koi
September 16, 2019
Pentingnya Filter Kolam Koi
September 20, 2019

Filter kolam sangat penting fungsinya dalam pemeliharaan kesehatan ikan. Memiliki ikan yang cantik dan segar yang tumbuh sehat tentu menjadi dambaan pemelihara ikan, untuk itu perlu memahami beberapa sistem filter kolam sebagai berikut.

Fungsi Filter Kolam

Beberapa fungsi dari filter kolam air itu antara lain adalah untuk memasok sejumlah oksigen ke dalam kolam air, lalu juga untuk membuang amonia dan berbagai racun serta kotoran ikan maupun daun-daunan busuk dan berbagai kotoran lainnya dari dalam kolam air ke luar, sehingga tidak akan mengotori airnya. Pada jenis dan rancangan filter air tertentu, maka filter air tersebut juga akan bisa berfungsi untuk menyaring pestisida, dan membersihkan air kolam dari senyawa logam, serta membersihkan juga air kolam dari zat klorin dari dalam kolamnya.

Berbagai Sistem Filter Kolam

Terdapat 3 (tiga) jenis sistem filter yang bisa digunakan, baik itu secara sendiri-sendiri maupun berupa secara gabungan dari beberapa sistem tersebut secara sekaligus. Ketiga jenis sistem filter air kolam tersebut adalah sebagai berikut.

Sistem Filter Mekanis

Sistem ini cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan pergerakan air dan juga gaya gravitasi untuk menyaring partikel yang mencemari dan mengotori kolam koi. Oleh karenanya akan diperlukan komponen utama yakni sebuah pompa air yang gunanya untuk menggerakkan air kolamnya, baik itu secara vertikal ataupun secara horizontal sehingga akan bisa membentuk suatu sirkulasi. Air kolam yang dipompakan ke arah atas, kemudian akan dibiarkan untuk mengalir menuju ke bagian yang lebih rendah dengan cara memanfaatkan gaya gravitasi bumi. Selama dalam proses sirkulasi tersebut itulah maka air kolam akan diarahkan pada bagian atau ruang-ruang filter yang telah diisi media penyaring atau filter tertentu yang berguna untuk menyaring ataupun menetralisir zat-zat yang bisa meracuni dan berbahaya bagi ikan koi yang hidup di kolam tersebut. Media filter yang biasa dipergunakan pada sistem filter tersebut antara lain adalah ada ijuk, atau filter mat, atau brush, dacron dan lain sebagainya. Media tersebut sebatas hanya bisa untuk menyaring partikel berukuran besar yang kasar saja.

Sistem Filter Kimiawi

Selain itu bisa juga air kolam dibersihkan dengan cara memanfaatkan suatu proses kimia. Media filter yang bisa digunakan pada sistem filter kimiawi itu antara lain ada batu zeolite, yang fungsinya untuk mengikat zat amonia yang larut dalam air. Lalu ada arang kayu atau arang batok kelapa atau bisa juga menggunakan serbuk carbon active yang fungsinya mengikat racun serta bau amis yang akan mencemari air kolamnya.

Sistem Filter Biologi

Sistem filter biologi ini akan menggunakan tanaman memfilter alami semacam eceng gondok atau dengan cara memanfaatkan siklus nitrogen. Siklus nitrogen adalah proses nitrifikasi yang dilakukan oleh suatu bakteri tertentu yang telah tersedia dengan secara alami. Komponen dan media yang akan digunakan pada sistem biologis tersebut antara lain berupa bioball, dan juga batu apung, serta tanaman air seperti teratai, atau eceng gondok dan tanaman air lainnya.

Itulah beberapa sistem filter kolam tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *