Filter Kolam Koi Untuk Kejernihan Air Kolam

Manfaat Filter Kolam Ikan Koi
April 1, 2019

Filter kolam koi sangat berpengaruh pada kualitas air di kolam koi. Memelihara ikan koi memiliki banyak keuntungan, tapi tidak mudah untuk memelihara ikan koi yang dipercaya berasal dari Jepang ini, karena kualitas air kolam koi harus selalu terjaga, dengan adanya filter kolam koi.

Sistem filter kolam koi mempunyai peranan vital dalam memelihara koi tersebut, filter kolam koi merupakan jantung dari ekosistem air kolam yang mendukung kehidupan dan perkembangan koi.

Sebaik apapun kolam jika sistem filter tidak bekerja optimal tidak akan menghasilkan ikan koi yang berkualitas atau sebaliknya kualitas koi akan akan baik, apabila kualitas sistem filter kolam koi juga baik, karena berfungsinya filter kolam koi tersebut.

Dalam membangun kolam koi bukanlah sekadar membuat anda senang, tapi anda juga harus membuat koi anda nyaman dan dapat hidup sehat serta tumbuh besar. Apalagi anda akhirnya tertarik untuk memelihara koi yang berkualitas, dengan harga yang tidak murah. Sebab untuk membuat koi anda hidup nyaman di dalam kolam, anda harus menjaga kualitas air kolam dengan memasang filter kolam koi, agar kualitas air sesuai dengan yang diinginkan oleh koi yang anda pelihara.

  • Tujuan Adanya Filter Kolam Koi :
  1. Filter kolam koi, akan mengupayakan agar oksigen dalam air kolam berada dalam jumlah yang cukup untuk kehidupan koi, karena oksigen sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan koi. Sedangkan hasil dari pencernaan koi akan menghasilkan kotoran yang mengandung amonia dan bersifat racun bagi tubuh koi. Maka, sistem filter kolam koi selain untuk menghasilkan oksigen terus-menerus bagi koi, juga untuk membuang zat amonia yang berasal dari pencernaan koi.
  2. Filter kolam koi, berperan untuk tersedianya air yang sehat untuk koi, dampak yang diakibatkan karena jeleknya air karena filter tidak berfungsi optimal bervariasi mulai dari perubahan warna menjadi pudar, tubuh ikan yang tidak berkembang (kurus/kuntet), muncul penyakit akibat parasit dan jamur sampai dengan kematian mendadak yang akan sangat merugikan.
  • Jenis Filter Kolam Koi :
  1. Filter kolam koi mekanik, filter ini bekerja dengan cara mengalirkan air ke wadah yang di dalamnya terdapat media penyaring seperti  serbut, kerikil, pasir, saringan sieve, jap-matt, busa atau foam, kapas, atau bahan sikat.
  2. Filter kolam koi biologis, filter ini bekerja melalui makhluk hidup lain yang menguraikan kotoran dalam kolam koi. Makhluk hidup yang dapat digunakan sebagai media filter ini berupa tanaman eceng gondok atau tanaman filter lain, seperti melati air, tifa, payung-payungan, dan tumbuhan air daun kupu-kupu.

Membuat filter untuk kolam koi adalah sebagai upaya untuk menyaring kotoran yang mencemari air kolam sehingga menurunkan kualitasnya.

  • Partikel Yang Disaring oleh Filter Kolam Koi :
  1. Kotoran dengan partikel berukuran besar yang kasat mata, antara lain kotoran koi (feces), sisa pakan, daun-daunan dll.
  2. Sedangkan partikel yang mencemari air kolam koi yang tidak kasat mata berupa senyawa kimia seperti zaat Ammonia dan hasil dekomposisi jaringan tumbuhan dan jasad hewani lainnya bila ada.

Kedua jenis partikel yang mencemari kolam koi itulah yang harus di eliminasi atau setidaknya harus tetap dijaga pada ambang batas tertentu yang aman bagi koi anda dengan menggunakan filter kolam koi.

Proses penyaringan terhadap partikel yang mencemari kolam koi ini mutlak diperlukan dengan cara membuat sistem filter kolam koi yang benar.

Demikian artikel filter kolam koi, semoga dapat membantu untuk mendapatkan solusi pemakaian media filter yang tepat untuk pemeliharaan ikan koi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *