Manfaat Membuat Kolam Ikan Hias

Cara mudah membudidayakan ikan koi
October 8, 2019
Menambah Keindahan Rumah Dengan Kolam Koi Minimalis
October 16, 2019

Adanya kolam ikan hias di rumah merupakan sebuah cara untuk menciptakan rasa yang akan lebih menyenangkan di area tempat tinggal kita. Apalagi jika kita memiliki hobi memelihara ikan hias. Maka saat kita memandang ikan-ikan kesayangan di dalam kolam ikan hias yang kita bangun secara khusus. Akan terasa kepuasan tersendiri. Selain menjadi tempat yang sangat dibutuhkan ikan untuk bertahan hidup, kolam ikan hias juga mampu memperindah desain interior maupun eksterior sebuah rumah.

Keberadaan sebuah  kolam ikan hias pada sebuah hunian ternyata memiliki manfaat yang lebih dari hanya sebuah kepuasan hobi atau hanya memperindah rumah saja. Kenyataannya, keberadaan kolam ikan hias memiliki manfaat yang lebih lebih penting dari hal tersebut. Keberadaan sebuah kolam ikan hias bisa menciptakan iklim mikro pada rumah kita. Yang dimaksud iklim mikro adalah  terjaganya  temperatur hingga kelembapan udara di rumah kita untuk tetap pada tingkat yang aman.

Dan selain itu, mengadakan kolam ikan hias di rumah dan memelihara ikan juga bisa menjadi salah satu kegiatan refreshing bagi para pemilik ikan hias tersebut. Selain menjadi sebuah refreshing, mengadakan kolam ikan hias di rumah dan memelihara ikan hias dalam kolam memang memberikan banyak sekali dampak positif. Seperti menghilangkan stres, mengurangi depresi, melatih tanggung jawab, mempercantik rumah, hingga membawa keberuntungan.

Di jaman yang serba canggih ini, ada banyak sekali model kolam ikan hias dengan berbagai  desain dan konsep yang mudah diterapkan. Mulai dari model kolam ikan hias minimalis, modern, kolam ikan depan rumah, belakang rumah, bahkan model kolam ikan hias indoor juga ada. Berbagai bentuk kolam ikan hias dapat diciptakan dan juga tidak harus selalu berbentuk bulat maupun persegi panjang. Semua tergantung keinginan atau selera pemilik kolam ikan hias tersebut.

Setelah mengetahui berbagai macam desain kolam ikan hias yang kita inginkan, berikut ini  beberapa cara praktis membuat kolam ikan hias sendiri di rumah tanpa perlu menggunakan jasa desainer kolam ikan hias.

  1. Tentukan Lokasi Kolam Ikan Hias.

Tentukanlah lokasi yang tepat untuk membangun kolam ikan hias. Biasanya kebanyakan kolam ikan akan dibuat pada area halaman depan, halaman belakang, atau bahkan di dalam rumah. Pilihlah lokasi yang tidak mengganggu ketika seisi rumah beraktifitas. Jika akan dijadikan sebagai hiasan. Maka pilihlah posisi atau lokasi yang akan langsung terlihat oleh tamu.

  1. Pilihlah Bentik dan Ukuran Kolam Hias.

Sesuaikan kolam ikan hias kita dengan luas lahan dan jumlah ikan yang dipelihara. Tentukan bentuk kolam ikan  hias sesuai selera kita. Bentuk kolam ikan tidak harus selalu bulat atau persegi saja.Ada banyak pilihan.

  1. Pilihlah Bahan Atau Material.

Material yang umumnya digunakan membuat kolam ikan hias adalah berupa batu alam dan keramik. Material batu alam ini cocok untuk desain kolam ikan hias bergaya natural maupun minimalis.

Namun untuk bahan keramik lebih tepat untuk desain kolam ikan bergaya minimalis dan modern. Kita bisa memilih material yang sesuai dengan desain kolam ikan hias yang kita ingin dibuat.

  1. Siapkanlah Alat dan Bahan

Untuk membangun kolam ikan hias akan diperlukan alat dan bahan yang cukup mudah didapatkan. Seperti cangkul, waterpass, ember, kuas, meteran, semen, batu, pasir, batu bata, cat waterproof, dan sebagainya.

Alat-alat tersebut akan digunakan untuk menggali tanah pada lokasi yang kita sudah ditetapkan. Jika kita sudah gali, kita bisa mulai membuat pondasi dengan bentuk kolam ikan yang sudah dipilih.

  1. Aturlah Sistem Pengairan Kolam Ikan Hias.

Aturlah sistem pengairan yang baik agar ikan dalam kolam ikan hias hidup dengan nyaman. Bagi beberapa jenis ikan, kita harus membuat sistem pengairan yang mengalir terus-menerus menggunakan pompa dan filter untuk menahan kotoran.

Cara membuat sistem pengairan kolam ikan hias yang baik kita bisa mengaturnya dengan berbagai variasi dan teknik pengairan. Seperti air terjun mini, guci air, air mancur, hingga potongan bambu.

Demikian ulasan dari kami tentang kolam ikan hias dan tips membuat kolam ikan hias. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat kolam ikan hias untuk memelihara ikan-ikan kesayangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *