Mengenal Serba- Serbi Filter Kolam Ikan Koi

Model dan Sistem Filter Kolam Ikan Koi
April 2, 2019
Yuk, Ketahui Beberapa Jenis Filter Koi
September 1, 2019

Sistem filter kolam ikan koi yang baik yaitu yang dapat melindungi kondisi air kolam ikan koi dari zat-zat polutan. Sistem filter kolam ikan koi sangat memegang peran yang penting untuk perubahan serta kesehatan ikan koi. Oleh karena itu hal pertama yang perlu di perhatikan saat menekuni hobi memelihara ikan koi yaitu harus mendesain serta mengoptimalkan sistem filter kolam ikan koi sebaik-baiknya.

Karena hal tersebut penting untuk para pengagum ikan koi. Sebelum anda mengawali untuk memelihara ikan koi, sebaiknya anda membuat design filter kolam ikan koi sebaik mungkin. Sebab bila kolam koi telah mulai dioperasikan namun filter kolam ikan koi tidak didesain dengan prima serta baik hanya akan membuat anda frustasi serta membuang-buang tenaga  anda saat membersihkan kolam. Tujuan anda yang ingin menikmati keindahan ikan koi justru tidak terjadi dan anda hanya disibukkan dengan menguras kolam ikan koi anda berkali-kali.

Efek Yang Timbul Jika Sistem Filter Kolam Ikan Koi Tidak Ada.

  1. Tanpa filter kolam ikan koi air kolam cepat keruh sehingga anda tidak dapat lagi menikmati keindahan warna ikan koi serta liak-liuk ikan kesayangan anda tersebut di dalam kolam.
  2. Tanpa filter kolam ikan koi, air kolam ikan koi anda timbul bau yang tidak sedap sehingga sangat mengangu area disekitar kolam terlebih jika lokasi kolam berada didalam rumah anda.
  3. Tanpa filter kolam ikan koi maka satu persatu atau secara bersamaan ikan yang ada didalam kolam anda akan mati.
  4. Tanpa filter kolam ikan koi dan jika kolam anda terletak di luar ruangan dengan intensitas matahari yang banyak menyinari kolam maka timbullah masalah yaitu air akan berwana hijau akibat dari pertumbuhan lumut /algae pada air kolam, walaupun hal ini tidaklah buruk bagi ikan tetapi tanpa filter kolam ikan koi akan sangat menggangu untuk kejernihan air sehingga sulit untuk melihat dengan jelas ikan yang ada di kolam.

Permasalahan-permasalahan itu semua ditimbulkan dari tidak adanya filter kolam ikan koi atau tidak maksimalnya sistem filter kolam ikan koi anda. Untuk itu bagi anda yang memang tertarik membudidayakan atau memiliki hobi memelihara ikan koi, berikut ini beberapa penjelasan mengenai sistim filter kolam ikan koi dari segi sistim kerjanya dan lokasi penempatanya:

Berdasarkan Sistem Kerjanya Ada 3 Jenis Sistem Filter Kolam Ikan Koi :

  1. Filter Mekanik (Fisika).

Sistem filter kolam ikan koi jenis mekanik bekerja dengan cara menyaring kotoran-kotoran besar atau kecil pada air kolam seperti kotoran ikan, sisa pakan, daun-daun, lumut-lumut, sehingga anda tidak akan lagi menemukannya terapung atau melayang di dalam air kolam. Filter kolam ikan koi mekanik biasanya menggunakan media filter seperti kapas atau ijuk.

  1. Filter Biologi.

Pada prinsipnya filter kolam ikan koi jenis filter biologis menggunakan sejenis bakteri tertentu untuk menguraikan bahan kimia beracun dі dalam air kolam.Biasanya, bahan kimia berasal dаrі kotoran ikan, sisa makanan, atau masuk dalam kolam secara tіdаk disengaja.

Dan filter kolam ikan koi biologis menggunakan serangkaian proses bertingkat sistem filtrasi dеngаn bakteri. Serangkaian proses іnі mengikuti siklus nitrogen, уаіtu amonia ~> nitrit ~> nitrat

Sistem filter kolam ikan koi biologis, tahap awalnya menggunakan bakteri nitrifying, semacam bakteri Nitrosomonas, untuk mengubah amonia menjadi nitrit. Proses dilanjutkan dеngаn mengubah nitrit menjadi senyawa nitrat menggunakan bakteri Nitrobacter. Inі аdаlаh bakteri pembersih уаng membutuhkan oksigen, sehingga diperlukan ruangan pengendap.

Ruangan pengendap dalam sistem filter kolam koi biologis berfungsi memisahkan sedimen secara rutin karena sedimen dараt mengurangi jumlah oksigen dalam air. Metode lain dalam sistem filter kolam ikan koi biologis bisa juga dengan menggunakan tanaman air.

  1. Filter Kimiawi.

Sistem filter kolam ikan koi kimia bekerja dengan cara melakukan serapan pada zat-zat yang bersifat racun bagi ikan. Filter kolam ikan koi kimia biasanya menggunkan media filter seperti Active Carbon, Zeolit, dan lain-lain. Jenis filter kolam ikan koi tersebut harus benar-benar diperhatikan dalam penggunaannya dikarenakan ada masa jenuh dari media filter tersebut dan jika terkena air garam maka kondisi racun yang diserap bisa terlepas kembali ke kolam.

Jenis Filter Kolam Ikan Koi Berdasarkan Lokasi Penempatannya.

  1. Filter Internal.

Filter kolam ikan koi internal merupakan filter yang dibuat pada bagian tertentu di kolam yang biasanya dibuat menyatu dengan bangunan kolam. Filter dibuat seperti bak-bak /chamber.

  1. Filter External.

Filter kolam ikan koi external merupakan bagian filter yang terpisah dari bangunan kolam, yang merupakan bagian tersendiri yang diletakkan pada sisi kolam.

Berdasarkan pengalaman, filter kolam ikan koi yang baik yaitu filter yang menggabungkan 3 jenis sistem filter atau prinsip kerja filter, sehingga air kolam akan tetap stabil walau dalam kondisi cuaca apapun tetapi tentu saja perlu disuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kolam yang umumnya sering ada perbedaan antara kolam satu dengan kolam lainya. Namun dalam perkembangan saat ini penggunaan yang banyak digunakan dan dianggap cukup baik yaitu penggunaan media filter kolam ikan koi mekanik dan biologi saja dengan memperhatikan perbandingan volume kolam dan banyaknya media filter yang digunakan.

Jenis filter kolam ikan koi yang terbaik berdasarkan lokasi penempatannya yaitu jenis filter kolam ikan koi yang disesuaikan dengan kondisi kolam, sebagai contoh jika kita tidak mempunyai  lahan yang cukup untuk membuat bangunan filter  kolam ikan koi internal maka sebaiknya gunakan filter kolam ikan koi external sebagai alternative menghemat lahan pembuatan filter, dan bagi para pemilik kolam yang terlanjur membuat kolam tanpa adanya sistem filter kolam ikan koi sama sekali atau mempunyai sistem filter kolam ikan koi internal tapi kurang maksimal, maka langkah yang terbaik dan praktis serta tidak memerlukan biaya yang mahal, maka gunakanlah filter kolam ikan koi external.

Setelah kita memiliki sistem filter kolam ikan koi yang baik, maka jangan lupa, bahwa secangih dan sebaik apapun sistem filter kolam ikan koi yang digunakan maka kesempurnaan dan tingkat efektifitasnya tidak terlepas dari peran pemiliknya dalam melakukan perawatan yang rutin. Sekalipun hanya beberapa saat,  luangkanlah sedikit waktu anda untuk melakukan perawatan karena hal itu merupakan wujud kecintaan anda terhadap hewan peliharaan anda.

Demikian penjelasan mengenai sistem filter kolam ikan koi dari segi sistem kerjanya dan lokasi penempatanya. Semoga ulasan tentang filter kolam ikan koi ini memberi anda inspirasi dan panduan untuk memelihara ikan koi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *