Model dan Sistem Filter Kolam Ikan Koi

Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi
April 2, 2019
Mengenal Serba- Serbi Filter Kolam Ikan Koi
April 11, 2019

Penggunaan model dan sistem filter kolam ikan koi adalah suatu keharusan ketika anda memeliharaan ikan koi dalam kolam, yaitu ketika kolam ikan koi tersebut tidak menggunakan sumber air terbuka.

Untuk itu, anda perlu memahami dasar dalam membuat model dan sistem filter kolam ikan koi yang akan anda gunakan pada kolam koi anda. Membuat filter kolam ikan koi model dan sistem yang baik adalah sebagai upaya untuk menyaring kotoran yang mencemari air kolam sehingga menurunkan kualitasnya ikan koi tersebut.

Bagi anda yang tertarik membudidayakan ikan koi dan ingin membuat model dan sistem filter kolam ikan koi itu sendiri, alangkah baiknya memperhatikan teknik filtrasi yang diperlukan untuk membuat sistem penyaringan yang sempurna.

Model dan sistem filter kolam ikan koi yang baik dapat menghadirkan keindahan bagi anda sebagai pemelihara dan penikmat keindahan koi. Dan sistem dan model filter kolam ikan koi yang baik, dapat tetap memastikan semua aspek kebersihan air kolam agar tetap terjaga dengan baik, sehingga ikan koi anda dapat hidup dan tumbuh dengan baik juga.

Model Filter Kolam Ikan Koi Yang Sering Digunakan :

  1. Model Multi Chamber Sejajar Kolam.

Model filter kolam ikan koi ini mengunakan beberapa sekat filter yang di letakkan sejajar kolam, dengan  menggunakan berbagai media filter sebagai alat penyaringannya.

  1. Model Multi Chamber Di Atas Kolam.

Model dan sistem filter kolam ikan koi ini, diletakkkan di atas kolam, bisa vertikal, horisontal, maupun diagonal.  Model filter kolam ikan koi ini sama dengan model nomer 1 , tetapi posisi filter diletakkan  lebih tinggi dari kolam dengan berbagai bentuk, gaya dan posisi beserta kelebihan dan kekurangannya.

  1. Model Under Gravel.

Model filter kolam ikan koi ini diletakan pada bagian bawah tanah, model ini sering digunakan pada kolam  yang memiliki lahan terbatas.

  1. Model Baki Shower.

Model filter kolam ikan koi ini, banyak digunakan bagi mereka yang menyukai suara gemericik air, yang dapat juga dijadikan media untuk menambah kadar terlarut oksigen dalam air.

Namun sistem filter kolam ikan koi ini lebih menekankan pada fungsi sebagai sistim filtrasi biologi, dengan fungsi sistim fisika yg kurang baik, oleh karenanya biasanya sistem ini digabungkan dengan model filter yang lain.

Beberapa Sistem Filter Kolam Ikan Koi :

  1. Sistem Filter Fisika.

Siatem filter kolam ikan koi ini, adalah suatu sistem filtrasi yang berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran fisik, atau berfungsi untuk menyaring kotoran yang dapat terlihat oleh mata.

  1. Sistem Filter Kimia.

Sistem filter kolam ikan koi ini adalah suatu sistem filtrasi yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang bersifat kimiawi dengan proses kimiawi pula.

  1. Sistem Filter Biologi.

Sistem filter kolam ikan koi secara biologi adalah suatu sistem filtrasi yang menggunakan proses biologi yaitu dengan  bantuan habitat mahluk hidup yang bersifat pengurai, sehingga berfungsi sebagai pengurai mata rantai siklus kehidupan air dalam kolam.

Semua sistem filter kolam ikan koi yang ada diatas, merupakan sistem yang saling menunjang dan saling berkaitan antara satu dan lainnya, dan anda perlu mempertimbangkan di sisi mana yang akan diperkuat, hal tersebut tergantung banyak faktor, antara lain sumber air yang digunakan maupun lokasi kolam, serta keinginan dari pemilik kolam.

Demikian artikel yang membahas tentang model dan sistem filter kolam ikan koi. Semoga artikel ini dapat membantu anda ketika anda ingin memulai budidaya ikan koi. Sehingga hasilnya akan memuaskan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *