Prinsip, Sifat Dan Kualitas Filter Kolam Ikan Koi

Kolam ikan hias
October 28, 2019

Filter kolam ikan koi pada prinsipnya adalah membuat sirkulasi air dari kolam ke dalam ruang filter yang mana ketika air melewati ruang filter maka air akan tersaring oleh media filter yang ada.Tujuan dibuatnya atau dipasangnya filter kolam ikan koi adalah untuk menjaga kualitas air kolam agar ikan koi yang Anda pelihara tetap merasakan kenyamanan. Yang membuat kualitas air kolam dapat menurun ada banyak faktor penyebabnya. Namun turunnya kualitas air kolam antara lain yang paling utama adalah karena adanya kotoran ikan koi dan sisa-sisa makanan yang larut di dalam air kolam. Sehingga keberadaan filter kolam koi, memang sangat diperlukan.

Jenis kolam koi yang seperti apapun yang Anda punya atau yang akan Anda buat, hal yang terpenting dari kolam koi adalah sistem filter kolam ikan koi tersebut. Karena sistem filter kolam ikan koi ini sangat penting keberadaannya untuk tetap menjaga kesehatan ikan koi yang anda pelihara didalamnya.  Apalagi jika Anda memiliki kolam ikan koi dengan menggunakan sumber air tanah atau air PAM, maka Anda harus membuat fasilitas penyaring air atau filter kolam ikan koi yang berfungsi secara nonstop seharian penuh.

Sistem filter kolam ikan koi akan berfungsi menyaring berbagai macam kotoran ikan koi, bahkan kotoran ikan koi yang mengandung racun (ammonia) yaitu kotoran ikan koi ini  jika larut di dalam air melebihi ambang batas, maka akan meracuni koi dan bahkan bisa membunuh koi itu sendiri. Oleh sebab itulah maka  Anda perlu memasang sistem filter air kolam ikan koi yang baik, yang dapat sangat membantu agar kualitas air kolam Anda tetap dalam kondisi prima. Jadi memelihara ikan koi, berarti memelihara kualitas air kolam.

Ikan koi tidak bisa dipelihara di dalam aquarium, ikan koi umumnya di pelihara dalam sebuah kolam. Dalam kolam inilah ikan koi hidup berkelompok, makan sampai membuang kotoran. Kotoran ikan koi bukan hanya menghasilkan limbah fisik tetapi juga limbah kimia, maka sistem filter kolam ikan koi tersebut seharusnya dirancang untuk dapat menangani kedua masalah tersebut.

Filter kolam ikan koi yang berkualitas adalah filter kolam yang  terbagi dalam 2 bagian, yaitu filter kolam ikan koi yang bersifat biologis, filter kolam ini memiliki fungsi  untuk mengatur bakteri aerobik (nitrifikasi) yang akan dalam memecah komponen kimia dalam limbah atau kotoran ikan. Yang kedua adalah sistem filter kolam ikan koi mekanis,  sistem filter kolam ikan ini berfungsi untuk menyaring limbah fisik seperti kotoran ikan, daun kering, serangga mati dll.

*Filter Kolam Ikan Koi Bersifat Biologis.

Filter kolam ikan koi yang bersifat biologis harus dipasang dengan melibatkan penggunaan oksigen dalam prosesnya. Sebab jika tidak, maka pemasangan filter kolam ikan koi yang bersifat biologis ini  akan membuat kolam ikan koi menumpuk dengan limbah biologis. Dan  jika dibiarkan terus menumpuk akhirnya akan mencapak titik toksisitas yang akan membunuh ikan koi itu sendiri.

Untuk penggunaan filter kolam ikan koi yang bersifat biologis, jika Anda  ingin memiliki kolam yang kaya akan oksigen sehingga bakteri aerobik dapat mengasimilasi limbah nitrogen seefisien mungkin. Maka  diperlukan kondisi permukaan  kolam yang luas serta banyak tambahan oksigenasi melalui air terjun, air mancur dan tanaman air.

Untuk itu sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan sistem filter kolam ikan koi yang bersifat  biologis maka perlu  memperhatikan volume air yang disaring setiap jamnya. Dan Anda disarankan agar memilih pompa dengan kecepatan atau kapasitas pompa yang sesuai dengan ukuran kolam.

*Filter Kolam Ikan Koi Bersifat Mekanis

Filter kolam ikan koi yang bersifat mekanis merupakan salah satu dari dua filter kolam koi yang harus ada pada kolam Anda. Hal ini karena, ikan koi menghasilkan kotoran padat dan juga cair. Sehingga diperlukan 2 jenis filter dalam kolam. Sebab selain dari kotoran ikan koi, ada juga kotoran lain yang  turut berperan mengotori kolam koi Anda, misalnya seperti bagian tanaman yang membusuk, serangga mati, daun kering dsb. Kotoran atau sampah tersebut  memiliki berbagai ukuran, sehingga  filter kolam ikan koi yang bersifat mekanis ini yang memiliki kemampuan filter dengan beberapa tahap.

Sistem filter kolam ikan koi yang bersifat mekanis ini akan menyaring  air dengan melewati penyaring yang memiliki pori terbesar terlebih dahulu, lalu dilanjutkan akan melewati penyaringan denga pori yang lebih kecil. Inilah yang disebut tahapan penyaringan,yaitu tahapan awal adalah penyaring dengan pori yang besar, kemudian berlanjut ke pori yang lebih kecil dan yang sangat kecil, sampai masuk ke penyaringan dengan filtrasi biologis.

Memelihara ikan koi diperlukan kesabaran yang ekstra. Memang proses pemeliharaannya tidak mudah. Faktor yang harus dipersiapkan jika Anda ingin memelihara ikan koi adalah kolam untuk menaruh ikan koi serta pentingnya keberadaan filter kolam ikan koi yang sangat menjadi penunjang utama bagi kesehatan dan kehidupan ikan koi.

Demikian ulasan kami tentang manfaat filter kolam ikan koi. Kami berharap ulasan ini dapat menjadikan referensi bagi Anda yang ingin atau tertarik memelihara ikan koi, yaitu tentang pentingnya filter kolam ikan koi dalam kolam Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *