Tips Cara Pemasangan Filter Kolam

Yuk, Ketahui Detail Mengenai Filter Kolam Ikan
September 12, 2019
Cara Membersihkan Kolam Koi
September 16, 2019

Guna selalu menjaga kebersihan air kolam ikan maka penggunaan filter kolam air sangat diperlukan. Air kolam harus selalu dijaga kebersihannya, karena keberlangsungan hidup ikan sangat tergantung pada kondisi kolam airnya.

Beberapa Sistem Filter Kolam Air

Sebelum melakukan pemasangan filter kolam air maka perlu diketahui terlebih dahulu mengenai beberapa jenis sistem filter kolam air. Sistem filter pada kolam air itu bisa berupa sistem filter kolam air mekanis, atau bisa juga dengan sistem filter air secara biologis dan sistem filter air kolam secara kimiawi. Dari ketiga jenis sistem filter kolam air tersebut, pemilihan sistem filter kolam airnya adalah sesuai dengan kondisi kolam airnya. Jika kolam air berada di pekarangan yang cukup luas, maka penggunaan sistem filter biologis akan lebih disarankan, karena sistem filter biologi tersebut akan sangat efisien dan memiliki tingkat biaya perawatan atau maintenance nya yang cukup rendah. Namun jika kolam airnya berada di lokasi ruang yang sempit ataupun cukup terbatas tempatnya atau luas lahannya, maka lebih baik jika menggunakan gabungan antara sistem filter mekanis dengan sistem filter kolam air kimiawi, meskipun biaya perawatannya memang agak lebih tinggi.

Pemasangan Filter Mekanik

Berikut ini adalah salah satu cara pemasangan filter kolam air, yakni dengan sistem filter mekanik. Prinsip kerja filter kolam air sistem mekanik itu ialah mengalirkan air pada suatu ruangan ataupun suatu wadah yang didalamnya sudah diisi bahan untuk filternya. Sebagai media penyaring airnya maka dapat berupa serbuk, dan kerikil, juga pasir, serta saringan sieve, juga jap-matt, dan busa atau foam, serta kapas, ataupun bahan sikat.

Metode lain dari filter kolam air secara mekanik itu ialah dengan mengalirkan air ke dalam ruang yang secara terpisah sehingga partikel kotoran dapat mengendap pada bagian bawahnya. Ataupun ada juga sistem yang mempergunakan silikon, atau suatu unit vortex, yang disusun sedemikian rupa hingga air dapat berputar dan lalu zat padat dapat terkumpul pada bagian tengahnya, sehingga pada proses selanjutnya maka endapannya dapat dibuang.

Cara Membuat Filter Mekanik pada Kolam Air Kecil yang Sederhana

Berikut ini salah satu contoh penggunaan filter mekanis pada suatu kolam air yang kecil dan sederhana, yang mudah dan juga cukup murah biaya pembuatannya.

Filter untuk kolam air yang kecil itu sangat sederhana, yakni dengan mempergunakan pompa listrik kecil yang biasanya juga banyak terdapat dan dijual di kios ikan hias. Tata cara pemasangannya juga biasanya sudah tertera di panduan manualnya pada saat pembelian. Pompa tersebut fungsinya untuk mengambil, ataupun menyedot air kolam guna dialirkan pada filter. Pergunakanlah pipa yang sesuai dengan ukuran lubang pengeluaran pompa. Kemudian air dari pompa akan dialirkan ke bak yang akan difungsikan sebagai filter. Filter tersebut akan menggunakan kapas filter yang juga tersedia dan dijual di toko ikan hias. Biasanya warnanya adalah putih, dan ada yang memiliki pori yang halus, namun ada juga yang memiliki pori kapas yang sedikit lebih berongga. Akan lebih bagus jika tidak hanya menggunakan filter busa atau kapas saja untuk penyusunan bahan-bahannya. Berikut ini adalah contoh susunan bahan-bahannya.

Kapas atau busa atau foam filter pada lapisan yang paling atas

Selanjutnya ada batu zeolite ukuran kecil atau sedang

Kemudian arang aktif

Lalu taruh kapas atau busa atau foam filter lagi

Kemudian Zeolit berukuran besar

Lalu ada kapas di lapisan yang paling bawahnya

Bak yang di dalamnya sudah terdapat filter tersebut lantas diberi lubang untuk saluran keluar air yang telah difilter pada bagian bawah nya.

Model saringan air kolam tersebut cukup efektif dan juga cukup murah untuk kolam air ikan yang ukurannya kecil. Kolam ikan dengan ukuran sepanjang sekitar 2 meter dapat mempergunakan sistem filter mekanik seperti ini, dengan asumsi, air kolamnya dapat dilakukan backwash dengan secara rutin, yakni dalam jangka waktu paling lama selama 1 minggu sekali. Melakukan backwash secara lebih sering tentu akan lebih baik. Masukkanlah air yang baru sambil membuka air pengeluarannya supaya penggantian airnya tidak akan membuat ikan koi menjadi merasa kaget atau menjadi stres akibat penggantian air yang terjadi.

Filter sederhana tersebut meski biayanya cukup murah namun sudah cukup efektif untuk membuat air kolam menjadi tidak keruh.

Itulah salah satu cara pemasangan filter kolam air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *